Apa itu wing chun ?

Sejarah tentang wing chun dimulai dari cerita turun temurun antar guru ke murid saja, tidak ada catatan resmi mengenai siapa dan kapan diciptakan.

Menurut versi Ip Man,  beladiri Wing Chun diciptakan oleh Pendeta wanita bernama Ng Mui, ketika itu orang  pertama yang berhasil menguasai kungfu ciptaan nya adalah seorang wanita juga yang bernama YIM WING CHUN  th (1723-1736), Karena nya kungfu ini dinamakan WING CHUN.

————————————————————————————-

Namun ada juga versi lain yang mengatakan bahwa, Pendeta wanita bernama Ng Mui ini baru rampung menciptaan beladiri wing chun nya tepat pada musim semi tiba. Karena nya di namakan WING CHUN yang memiliki arti MUSIM SEMI.

one is not always right and the other wrong, sometime both are correct on different ways of understanding 

Manfaat berlatih wing chun aliran asanwinata :

Otak kanan kiri menjadi lebih seimbang
banyak ahli pendidikan modern menyebutkan, kecerdasan anak tergantung pada kemampuan menyeimbangkan otak kiri dan kanan.
Jika otak kiri sering diidentikan dengan proses logika, menghafal fakta dan data, serta menarik kesimpulan yang tepat dari sebuah analogi,

otak kanan mempunyai fungsi yang berbeda.
Otak kanan lebih berhubungan dengan kreativitas, proses mengolah informasi secara abstrak, mengolah warna, bermain alat musik, atau membangun harmoni dengan orang lain yang berorientasi pada problem solving.

Jika kemampuan otak kiri dan kanan anak dapat diasah seimbang, bukan tidak mungkin ia lebih cerdas dan pintar bersosialisasi dengan orang lain.

Sebaiknya, kemampuan ini mulai diasah pada usia sedini mungkin

by AsanWinata